Rabu, 04 November 2015

wasdapa obat nyamuk bagi kesehatan paru-paru

Obat bakar anti nyamuk adalah suatu sediaan padat berbentuk spiral yang mengandung bahan aktif insektisida, dengan sifat bahan mudah dibakar, harus berasap tanpa menimbulkan nyala ulang dan percikan.
Membakar obat nyamuk merupakan salah satu cara untuk mengusir nyamuk di ruangan anda. Pengunaan obat nyamuk bakar sangatlah banyak, dengan harga terjangkau dan hasil yang lumayan untuk melakukan aktivitas agar tidak terganggu oleh nyamuk. Bagi anda yang sering menggunakan obat nyamuk bakar, sudahkah aman dalam penggunaannya? Karena asap yang dihasilkan dari obat nyamuk berisikan polutan yang dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Asap obat nyamuk membahayakan kesehatan anda, apalagi jika ruangan sudah dipenuhi dengan asap.
Penelitian menemukan kerusakan paru-paru yang diakibatkan dari satu obat nyamuk sama dengan kerusakan yang diakibatkan dari 100 batang rokok. New Delhi telah meneliti dampak buruk dari obat nyamuk bakar yang dibakar selama 8 jam di tempat semi tertutup. Dampak itu sederajat dengan merokok sebanyak 100 rokok. Jika satu kali pembakaran efeknya sama dengan 100 batang rokok, bagaimana jika dua kali pembakaran dan seterusnya. Kita tahu bahwa satu batang rokok saja sangat berbahaya untuk kesehatan bagaimana jika sampai 100 rokok.  Adanya kandungan DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat) Propoxur (Carbamat), &Diethyltoluamide, yang merupakan jenis insektisida pembunuh serangga. Selain itu, umumnya produk  obat nyamuk  juga memiliki zat tambahan tertentu seperti pewarna, pengawet, serta pewangi. Bahan-bahan tambahan, seperti zat aditif  yang terdapat dalam  obat nyamuk  juga dapat merugikan kesehatan., zat yang berbahaya jika terus-terusan terpapar dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan kerusakan syaraf, pernapasan anda terganggu dan memicu kanker. Selain itu kandungan zat kimia yang terdapat di dalam obat nyamuk mampu membuat aktivitas enzim turun sehingga adanya pengaruh yang buruk terhadap hati, paru-paru dan reproduksi anda.
            Prosedur kerja :
1.      Ambil obat nyamuk bakar lalu nyalakan dengan korek api
2.      Setelah obat nyamuk dinyalakan , letakan obat nyamuk tersebut di dekat dinding.
3.      Pengamatan ini dilakukan selama 3hari
4.      Diamati perubahan yang terjadi pada warna dinding dan lantai.

Coba perhatikan akibat yang ditimbulkan oleh asap obat nyamuk, pada dinding dan lantai saja sudah bernoda kuning kecoklatan, apalagi didalam paru-paru kita jika hisap asap obat nyamuk terlalu lama.
Berikut adalah cara yang tepat untuk menghindari anda dan keluarga dari pengaruh negatif penggunaan obat nyamuk :
1.  Ruangan dengan ventilasi yang cukup
Anda sering terbatuk-batuk karena penggunaan obat nyamuk, mungkin karena diantaranya anda menggunakan obat nyamuk pada ruangan yang sedikit ventilasi. Segera ubah kebiasaan anda untuk menggunakan obat nyamuk di ruangan tertutup apalagi di dalam ruangan tersebut terdapat anda dan keluarga. Dampak buruk yang akan terjadi adalah gangguan pernapasan seperti sesak napas. Letakan obat nyamuk dearah dengan aliran udara sehingga asapnya tidak mengganggu anda.
2.  Jarak tidak terlalu dekat
Penggunaan obat nyamuk memang dimaksudkan untuk mengusir nyamuk akan tetapi jika justru membahayakan kesehatan anda, itu tidak tepat. Letakan dengan jarak obat nyamuk dengan aktivitas anda 1,5 meter. Anda juga dapat menggunakan obat nyamuk pada sore hari sebelum aktivitas anda di malam hari dilakukan, sehingga bisa dikeluarkan dari ruangan anda.
3.  Letakan pada tempat yang tepat
Anda dapat meletakan obat nyamuk di bawah tempat tidur sehingga anda tidak terkena langsung dengan asap yang dihasilkan dari obat nyamuk, selain itu jangan meletakan obat nyamuk disamping badan anda, anda bisa meletakan di dekat telapak kaki sehingga mengurangi kemungkinan asap terhirup oleh anda. Simpan di tempat yang lebih rendah dari aktivitas anda (lantai).
4.  Hindari dari anak-anak dan Ibu Hamil

Anda dapat membuat jadwal yang tepat untuk membakar obat nyamuk ketika anak anda tidak berada di ruangan tersebut. Bagaimanapun anak-anak sangat rentan apalagi dengan asap dari obat nyamuk, dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan pernapasannya. Begitu juga dengan penggunaan di dekatibu hamil, bahayanya sama dengan mendekati diri anda pada mereka yang sedang merokok. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar